MASIGNCLEAN101

Waiting for Our Moon [Ramadhan]

6/10/2013

Ramadhan adalah bulan tarbiyah bagi umat Islam yang penuh mau’idhoh hasanahdan hikmah. Samudera mau’idhoh hasanah dan hikmah yang tidak akan kering meskipun dikuras oleh umat Islam sepanjang jaman. Betapa beruntungnya umat Islam yang mengarungi samudera Ramadlan dengan iman dan ihtisab kemudian berhasil mendarat di pelabuhan taqwa.
Tak terasa sebulan lagi kita akan dipertemukan dengan bulan yang penuh berkah. Apa sajakah kira-kira yang perlu kita persiapkan kawan-kawan?
  1. Fisik, jaga kesehatan supaya nggak tepar pas ramadhan. Pola makan pas puasa sebisa mungkin terjaga dengan baik, siapkan diri untuk menahan nafsu bertubi-tubi melihat makanan yang luar biasa beragam pada saat ramadhan nanti. Minum air putih jangan lupa.
  2. Ilmu, persiapkan ilmu2 penunjang agar ibadah ramadhan kita efektif. Incar pahala amal yang besar. Walaupun tidur bisa bernilai pahala, tentu saja banyak ibadah lain yang pahalanya lebih besar, tilawah, shalat sunnah, i’tikaf, mabit, silaturrahim, bahkan kerja, belajar dan bikin tugas. Baca-baca tentang fiqh puasa dari buku atau ikut kajian ruhani.
  3. Mental, kuatkan hati, dekatkan diri padaNya, jauhkan diri dari hal-hal yang bisa merusak puasa. Latihan dari sekarang! Siapkan diri untuk teguh pada saat puasa.
  4. Target, buatlah target-target pribadi untuk bulan puasa nanti, mulai dari kuantitias ibadah, macam2 ibadah yg ingin dilakukan, target harian. Buatlah sesuai dengan kemampuan dan ke-favorite-an. Target membuat waktu kita tidak berlalu begitu saja. Jangan ragu untuk melakukan adjustment, mengurangi yang tidak efektif, dan menambah amal-amal yang lebih baik.
sekarang waktunya untuk mempersiapkan untuk menyambut kedatangannyaaa, SEMANGATTTT !!!!

By: Sausan Nuhaa Maisarah

FOSEI UNSOED

Akun Official KSEI FOSEI Universitas Jenderal Soedirman