MASIGNCLEAN101

TEMILREG (Temu Ilmiah Regional) Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam Jawa Tengah 2015

3/26/2015


Tanggal 6-8 Maret kemarin merupakan momen yang besar bagi para penggiat Ekonomi Islam khususnya di Jawa Tengah. Momen akbar kompetisi Ekonomi Islam bertajuk Temu Ilmiah Regional (TEMILREG) kembali diselenggarakan dan UKM FOSEI UNSOED (Forum Studi Ekonomi Islam UNSOED) sebagai tuan rumah.
TEMILREG merupakan agenda rutin tahunan FoSSEI (Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam) yang diselenggarakan guna mempererat hubungan antar KSEI (Kelompok Studi Ekonomi Islam) dari berbagai kampus di Jawa Tengah, sekaligus merupakan pembuktian kualitas keilmuan setiap insan Ekonom Rabbani. Agenda ini  dilaksanakan di setiap regional  yang ada di indonesia dan mempertemukan ratusan mahasiswa dari berbagai kampus. Beberapa rangkaian acara yang dilaksanakan di ajang tersebut bertema “Indonesia Optimis Hadapi MEA 2015: Peluang Emas di Bisnis Syariah” ini antara lain Seminar Nasional, Rapat Pimpinan Regional (RAPIMREG) dan perlombaan yang terbagi dalam beberapa cabang (Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam (LKTEI), Olimpiade Ekonomi Islam (OEI), dan Lomba Video Ekonomi Islam (LVEI))
Hari pertama rangkaian temu ilmiah ini –tanggal 6 Maret- berisikan agenda pembukaan yang diselenggarakan pada malam hari di aula SPN (Sekolah Polisi Negara) dilanjutkan dengan Technical Meeting yang berisikan informasi dan peraturan selama kompetisi berlangsung. Para peserta serius mendengarkan pemaparan serta antusias memberikan tanggapan sehingga tercipta suasana yang aktif dan bersahabat.
Esok harinya, tanggal 7 maret terdapat agenda kompetisi yang terdiri dari 3 cabang lomba (LKTEI, OEI, LVEI) bertempat di Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSOED. Di tempat yang sama, para pimpinan KSEI se Jawa Tengah melangsungkan Rapat Pimpinan Regional (RAPIMREG) guna membahas target dan problema setiap KSEI. Dan pada sore harinya, agenda dilanjutkan dengan sarasehan, berisi perkenalan dan saling sharing informasi dari tiap-tiap delegasi.
Tanggal 8 Maret merupakan puncak dari seluruh rangkaian acara TEMILREG JATENG 2015, dengan sub-agenda Seminar nasional, grand final Olimpiade, pengumuman pemenang, serta penutup.
Seminar nasional tahun ini mengangkat tema “Peningkatan Wisata Syariah sebagai Competitive Advantage Indonesia di MEA 2015”. Dihadiri kurang lebih 250 peserta dari berbagai komponen, seperti  mahasiswa dan praktisi ekonomi, tak ketinggalan para guru sekolah turut memeriahkan acara ini. seminar ini menghadirkan beberapa narasumber dari instasi pemerintah seperti OJK (Otoritas Jasa Keuangan), KEMENPAR RI (Kementrian Pariwisata), dan KEMENLU (Kementrian Luar Negeri). Konsen materi ditekankan kepada peluang indonesia dalam menghadapi MEA (Masyarakat ekonomi Asean).


Acara inti dari seminar diawali dengan pembukaan pembahasan oleh Bapak Mohamad Wahid Supriyadi dari staff ahli Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia sebagai keynote speaker, beliau memaparkan kondisi terkini ekonomi Indonesia dan mengajak peserta untuk optimis akan perekonomian bangsa. Dilanjutkan dengan pemaparan materi narasumber pertama, Bapak Taufik Nurhidayat dari Kementrian Pariwisata Republik Indonesia menyampaikan fakta kondisi sektor pariwisata indonesia sebagai sektor yang sangat penting dalam rangka mendukung ekonomi indonesia di MEA 2015. Narasumber kedua, Ibu Utami Pangestuti dari OJK membahas tantangan dan peluang sektor jasa keuangan syariah Indonesia dalam rangka meningkatkan peran industri berbasis syariah di MEA 2015. Setelah agenda seminar selesai, agenda dilanjutkan dengan grand final Olimpiade Ekonomi Islam dengan format persentasi kasus dari 5 tim yang lolos babak penyisihan.
Pengumuman pemenang berlangsung riuh dan meriah, diselimuti ketegangan para delegasi yang menanti hasil keputusan juri. Para pemenang setiap cabang kompetisi antara lain, KSEI ForSHEI tim A, KSEI Jazirah tim B, dan KSEI IAIN Purwokerto Sebagai juara 1,2 dan 3 dalam Olimpiade Ekonomi Islam.   Sebagai juara 1,2, dan 3 Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam dimenangkan oleh Slamet dari KSEI FE UNNES, Fredi S dari KSEI FRESH IAIN Surakarta dan Andi Okta dari KSEI FEB UNDIP. Serta Lomba Video Ekonomi Islam dimenangkan oleh KSEI FEB UNDIP sebagai juara 1, KSEI FE UNNES sebagai juara 2, dan juara  3 diperoleh KSEI FRESH IAIN Surakarta. Dan KSEI Universitas Diponegoro keluar sebagai juara umum dari hasil akumulasi poin seluruh cabang perlombaan.


Harapannya agenda TEMILREG JATENG 2015 ini menjadi ajang penguat silaturahmi antar mahasiswa dari berbagai universitas, serta menjadi sarana penguat opini Ekonomi Islam di lingkungan kampus khususnya dan masyarakat pada umumnya. Harapan kami pula masyarakat semakin sadar akan pentingnya penerapan Ekonomi Islam dalam kehidupan sehingga ekonomi berlandaskan Al-Qur’an dan Sunnah ini semakin terbumikan.

#EkonomRabbaniBisaa
FOSEI UNSOED

Akun Official KSEI FOSEI Universitas Jenderal Soedirman