MASIGNCLEAN101

Notulensi SEC Intermediate - Ekonomi Mikro Islam

5/13/2021

EKONOMI MIKRO ISLAM

Ukhtina Alfitri Indah Sari

Minggu, 9 Mei 2021


A. Ilmu Ekonomi Islam

Ilmu ekonomi Islam adalah sebuah sistem ekonomi yang menjelaskan segala fenomena tentang perilaku pilihan dan pengambilan keputusan dalam setiap unit ekonomi dengan memasukkan tata aturan syariah sebagai variabel independen.

B. Perbedaan Ekonomi Islam & Ekonomi Konvensional

Menurut Muhammad Baqir as-Sadr, perbedaan ekonomi Islam dengan ekonomi konvensional terletak pada filosofi ekonomi, bukan ilmu ekonominya. Filosofi ekonomi memberikan ruh pemikiran dengan nilai-nilai islam dan batasan-batasan syariah, sedangkan ilmu ekonomi berisi alat-alat analisis ekonomi yang dapat digunakan.

C. Teori Konsumsi Islami

  • Kepuasan konsumen bertambah jika mengonsumsi lebih banyak barang halal dan mengurangi konsumsi barang haram (QS Al Maidah : 87-88).
  • Semakin banyak barang halal yang dikonsumsi semakin tinggi utility dan semakin sedikit barang haram yang dikonsumsi semakin rendah disutility. 
  • Kepuasan maksimum: 

  1. Memaksimalkan utility function pada budget line tertentu. 
  2. Meminimalkan budget line pada utility function tertentu. 

  • Corner Solution: Konsumen meningkatkan utilitynya dengan terus menambah konsumsi barang halal dan mengurangi konsumsi barang haram hingga seluruh pendapatan habis untuk membeli barang halal saja.  

Yuk tonton kajian ulangnya untuk mendapatkan informasi mengenai ekonomi mikro islam lebih lengkap! Tonton dibawah ini

FOSEI UNSOED

Akun Official KSEI FOSEI Universitas Jenderal Soedirman